Tak Berkategori

Pembekalan KKNT “Dusun Membangun” Universitas Gunung Rinjani

Mahasiswa Universitas Gunung Rinjani (UGR) melakukan program pengabdian terhadap masyarakat melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa kecamatan di Kabupaten Lombok Timur. Sebelum diterjunkan ke lapangan, mahasiswa yang akan menjalankan KKN terlebih dahulu diberikan pembekalan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), berlangsung di Rupatama lantai 3 UGR. Mahasiswa KKN tematik angkatan ke-13 tahun ini mengangkat tema “Dusun Membangun”.

Direktur LPPM UGR Lalu Nurul Yaqin mengatakan, bahwa KKN salah satu kegiatan wajib bagi mahasiswa untuk dapat berinteraksi dan berbagi ilmu dan pengalaman mereka selama mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan. “Dengan KKN, mahasiswa dituntut mampu membaca realitas sosial, belajar berdaptasi, melakukan identifikasi dan berpartisiasi dalam mencari solusi bagi berbagai persoalan baik itu ekonomi, sosial, lingkungan, budaya, hukum hingga politik,” tukasnya, Selasa 28 Juni 2022. Menurutnya, KKN diselenggarakan dengan tujuan sebagai salah satu usaha meningkatkan kualitas pendidikan khususnya bagi mahasiswa.

“KKN ini dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat agar ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang dikembangkan UGR dapat bermanfaat dan relevan dengan realitas kehidupan dalam masyarakat,” ungkapnya
Selanjutnya mahasiswa sebagai peserta KKN diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama belajar di kampus yakni dalam pengalaman belajar langsung di tengah-tengah masyarakat.

Proses pengejawantahan nilai-nilai akademik di kampus dengan praktek KKN dalam kenyataannya juga diharapkan dapat menginternalisasikan nilai-nilai kemanusiaan, keadilan sosial dan kedewasaan bersikap dan berpikir, sehingga melahirkan rasa optimis dan percaya diri yang positif dan bermanfaat bagi mahasiswa.
Kemudian pasca pelaksanaan KKN, kata dia, para peserta akan memperoleh pencerahan dan bekal tentang sosial kemasyarakatan dan berbagai cara mengatasi persoalan keseharian yang melingkupinya.

“Sehingga kelak ketika lulus dari kuliah, mahasiswa telah cukup matang dan meningkat potensi kreatifnya, kepekaan sosialnya dan berguna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,”

Show More

Related Articles

Close
%d blogger menyukai ini: